Rabu, 01 Februari 2012

Cara Ganti Fleksibel NOKIA 2505

alat-alat yang harus disiapkan
1.obeng untuk membuka baut
2.pinset
3.soldel
cara kerja nya sebagai berikut

1. Lepas 4 buah sekrup yang terdapat pada casing bagian belakang atau boks baterai. Lepas konektor soket fleksibel dari soket pada main board.

2. Keluarkan main board dari casing
3. Flip buka ponsel, kemudian lepas dua buah tutup sekrup yang terdapat pada sudut kanan dan kiri tepat di bawah layar lcd ponsel. Setelah terlepas maka akan nampak 2 buah sekrup yang mengunci tutup casing layar lcd, lepas kedua sekrup tersebut.

4. Flip tutup layar ponsel dan balik posisi ponsel, dari bagian belakang casing ponsel cari kepala engsel fliper yang berwarna hitam. Letaknya bersebelahan dengan fleksibel. Tekan kepala fliper tersebut kearah dalam menggunakan ujung pinset yang memiliki ujung melengkung, kemudian sambil terus menekan kepala fliper tersebut dorong kearah atas agar casing layar lcd dan casing main board dapat terpisah atau terlepas.

5. Keluarkan fleksibel melalui celah yang terdapat pada rumah englsel fliper. Kemudian anda sudah dapat memisahkan casing main baoard dari casing layar lcd

6. Lepas tutup casing layar lcd

7. Berikutnya keluarkan layar lcd beserta pcb nya yang masih melekat pada layar lcd dari casing lcd. Selalu hati-hati tiap kali anda mengeluarkan layar lcd dari casingnya, agar tidak menimbulakan masalah baru nantinya.

8. Pisahkan layar lcd dan pcb nya menggunakan ujung pinset mengelilingi sisi kanan dan kiri serta ujung bawah layar lcd. Jangan terlalu dalam menusukan ujung pinset pada bagian bawah layar lcd agar mika reflektor layar lcd tidak koyak. Ini hanya untuk memisahkan layar lcd dan pcb lcd saja, bukan untuk melepas layar lcd dari pcb lcd karena hal tersebut tidak diperlukan.

9. Setelah layar lcd terlepas dari pcb lcd, posisikan layar lcd seperti gambar berikut ini

10. Dengan bantuan pinset lepas fleksibel dari pcb layar lcd menggunakan solder filamen yang dapat diatur otomatis tingkat panasnya dari 30 watt hingga 60 watt. Jangan khawatir sebab saya selalu menggunakan solder filamen jenis ini pada setiap pekerjaan mereparasi ponsel. Ini akan mempermudah pekerjaan anda ketika melelehkan timah solder pada pin ground yang biasanya amat keras dan sulit meleleh apabila anda menggunakan solder filamen 25 watt yang diperjual belikan di suplier peralatan servis hand phone, lihat gambar berikut

11. Berikutnya pasang/solderkan fleksibel baru pada pcb layar lcd, olesi permukaan pcb tempat pin fleksibel menempel menggunakan LOTFET, demikian pula permukaan pin fleksibel baru anda. Sebelum anda men-solder-kan fleksibel pada pcb layar lcd oleskan sisa timah yang meleleh dan masih menempel pada ujung mata solder ke seluruh pin yang terdapat di fleksibel baru. Ini untuk mempercepat proses penyolderan dan memperkuat daya rekat timah.

12. Rekatkan kembali layar lcd pada pcb lcd untuk melakukan assembling kembali seluruh bagian yang telah kita pretheli sebelumnya

13. Kembalikan layar lcd dan pcb nya ke casing lcd, pasang pula penutup casing lcd namun jangan dulu anda memasang sekrup penguncinya. Keluarkan ujung fleksibel yang memiliki soket melalui celah yang terdapat pada rumah engsel fliper. Satukan kembali casing layar lcd dan casing main board. Dahulukan bagian casing lcd yang merupakan keluarnya fleksibel, selipkan melalui celah pada casing main board untuk mengeluarkan fleksibel ke dalam casing main board. Dengan posisi miring maka bagian sisi lain dari casing lcd akan tertahan oleh kepala engsel fliper. Posisikan agar rumah engsel yang terdapat pada casing lcd masuk sedikit saja pada sela-sela rumah engsel casing main board. Setelah rumah engsel dapat dimasukkan sedikit tekan kepala engsel fliper serta tekan rumah engsel menggunakan ibu jari/jari agar dapat masuk keposisinya yang benar. PERLU DI INGAT PADA SAAT MELEPAS DAN MEMASANG KEMBALI ENGSEL FLIPER KONIDISI PONSEL DALAM KEADAAN FLIP TERTUTUP.

14. Letakkan kembali main board pada casing nya dengan memasukkan terlebih dahulu ujung atas yang memiliki soket fleksibel, kemudian tekan dengan ibu jari anda bagian main board yang tertutup plat besi sampai terdengar bunyi klik. Bunyi klik ini menandakan main board telah terkunci dengan sempurna oleh beberapa pengait yang terdapat pada sisi kanan dan kiri casing main board. Kemudian pasang konektor fleksibel pada soket yang terdapat di main board

15. Pasang casing boks baterai, tidak perlu anda kuatkan menggunakan ke 4 sekrupnya. Hidupkan ponsel, coba lihat perubahannya. Lakukan pengetesan seperti biasa.

16. Bila semua telah bekerja dengan baik, matikan kembali ponsel. Pasang semua sekrup untuk mengunci masing masing bagian agar kuat. Jangan lupa untuk memasang kembali penutup sekrup yang terdapat dibawah layar lcd. Setelah selesai hidupkan kembali ponsel secara normal dan dengar nada loading start up NOKIA yang berbunyi DUIT...DUIT...DUIITT...bisa makan enak ni.
kwekwek

17.Selesai

Demikianlah bagaimana cara untuk melakukan penggantian fleksibel NOKIA 2505 berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang NEWBIE yang masih bodoh dalam dunia reparasi. Semoga teman-teman tidak capek menbaca lapangan bola ini ....ooo...maksud saya postingan yang panjang lebar ini.

Nb:untuk membeli peralatan servis berusahalah membeli di tempat penjual spare part dan perlengkapan servis elektronika umum, bukan di distributor peralatan servis hand phone. Sebagai contoh, harga sebuah solder filamen 25 watt di distributor peralatan servis hand phone akan cukup untuk membeli sebuah solder otomatis bekekuatan 30 watt sampai 60 watt bermerk DEKKO. Anda bisa mempercayai saya karena sebelum menjadi teknisi hape saya telah berlumut mengeluti reparasi televisi dan peralatan elektronika lainnya. Satu hal lagi bahwasannya elemen solder 25 watt anda akan sangat mudah rusak, saya berani menjamin. Sebuah DEKKO belum lagi habis selama dua tahun anda telah beberapa kali ganti solder filamen 25 watt. Kecuali untuk boks flasher anda tidak akan menemukannya di toko spare part elektro audio video umum.
11. Berikutnya pasang/solderkan fleksibel baru pada pcb layar lcd, olesi permukaan pcb tempat pin fleksibel menempel menggunakan LOTFET, demikian pula permukaan pin fleksibel baru anda. Sebelum anda men-solder-kan fleksibel pada pcb layar lcd oleskan sisa timah yang meleleh dan masih menempel pada ujung mata solder ke seluruh pin yang terdapat di fleksibel baru. Ini untuk
mempercepat proses penyolderan dan memperkuat daya rekat timah.

2 komentar: